Senin, 09 September 2013

Pentingnya Mengetahui SIAP (Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan) Bagi Sekolah

| 0 komentar


SIAP Online hadir memadukan beragam sistem dan aplikasi online yang dibutuhkan oleh sekolah, guru, siswa, dan orangtua/wali siswa dengan instan tidak merepotkan. SIAP Online mampu mengelola data dan informasi pendidikan dengan lebih cepat, mudah, akurat, terpadu dan berkesinambungan dari mulai tingkat sekolah, dinas pendidikan kota, kabupaten, propinsi hingga pusat (depdiknas). Semua kemampuan yang tersedia sangatlah terjangkau, berbiaya investasi rendah dengan nilai manfaat sangat tinggi.
Anda bisa kunjungi di http://siap-online.com/
 "SIAP Online menyediakan total solusi layanan aplikasi online terpadu untuk dunia pendidikan Indonesia”.
Berikut beberapa produk yang ada ada pada SIAP Online, antara lain sbb :

1. Web Sekolah (Siap Web Sekolah)


SIAP Web Sekolah merupakan sebuah layanan web yang diberikan secara cuma-cuma sebagai media komunikasi dan interaksi antara sekolah dan masyarakat dengan menggunakan laman web (situs). SIAP Web Sekolah dirancang khusus untuk memudahkan sekolah memiliki situs yang teritegrasi dengan SIAP Sekolah secara online. Berbekal akun pada SIAP Sekolah maka pengelola SIAP Sekolah dapat melakukan pengelolaan informasi pada SIAP Web sekolah secara otomatis.

Keuntungan yang diperoleh dengan penggunaan SIAP WEB
  • Layanan online yang mudah, nyaman, dan lengkap.
  • Terintegrasi dengan layanan SIAP Sekolah.
  • Kemudahan pengelolaan web secara mandiri.
  • Akses informasi dan komunikasi online yang mudah dan cepat kepada masyarakat.
  • Fitur layanan yang selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini
 2. Siap Sekolah

SIAP SEKOLAH adalah sebuah layanan online yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengakses administrasi akademik sekolah secara online seperti absensi siswa, penjadwalan mata pelajaran, laporan hasil belajar (raport), pengelolaan data guru, dan laporan sekolah yang sesuai dengan standar nasional. Layanan ini juga berfungsi sebagai sistem pendukung keputusan pendidikan dan analisis data.
Pengelolaan Data
SIAP Sekolah mengelola catatan personal tentang staf, guru, siswa dan orang tua sebagai komunitas sekolah Anda beserta atribut-atributnya. Tidak seperti halnya sistem lain yang terdapat di pasaran, SIAP Online menggunakan sistem basis data terpusat, sehingga seluruh data akan konsisten dan mencegah terjadinya duplikasi data.
Media Komunikasi
Dengan email terpadu, penjadwalan dan berita/pengumuman SIAP Online akan menjadi pusat komunikasi bagi seluruh komunitas sekolah.
Rekam Jejak Siswa
Dengan pengelolaan data yang terintegrasi dan terpadu, SIAP Sekolah memungkinkan pihak sekolah untuk senantiasa dapat memantau perkembangan siswa mulai dari proses pendaftaran (PSB) hingga alumni. Sistem pelaporan siswa otomatis memungkinkan pemantauan kegiatan dan prestasi akademik siswa untuk dapat mengantisipasi kegagalan siswa.
Pengelolaan Akademik
SIAP Sekolah diberikan bagi sekolah untuk memenuhi seluruh layanan sistem informasi akademik semisal keseluruhan jadwal pelajaran, jadwal penggunaan kelas, manajemen peserta didik, sistem penilaian dan lain sebagainya. Dengan kemudahan yang diberikan, akan mempersingkat waktu yang diperlukan untuk pengelolaan data-data akademik sehingga pekerjaan-pekerjaan anda dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.
3. Komunitas
SIAPKU (SIAP Komunitas) adalah Jejaring Sosial Pendidikan Indonesia sebagai media berbagi beragam informasi tugas, berita, pengumuman, kegiatan hingga berkas (file) antara Sekolah, Siswa, Guru dan para Ortu/Wali Siswa.
Gunakan SIAPKU untuk saling berkomunikasi, berkolabarasi dan berbagi demi kemajuan pendidikan Indonesia.
4. Penerimaan Siswa Baru secara On line (PSB)
SIAP PSB Real TIme Online, adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PSB), mulai dari proses pendaftaran,proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

Tujuan
Secara umum tujuan penerapan SIAP PSB Online, antara lain:
  • Meningkatkan mutu layanan pendidikan.
  • Menciptakan sistem penerimaan siswa baru yang terintegrasi, akurat dan transparan
  • Melaksanakan penerimaan siswa baru dengan lebih praktis dan efisien.
  • Menyediakan basis data sekolah yang akurat.
  • Memberi fasilitas akses informasi bagi masyarakat dengan cepat, mudah dan akurat.
Manfaat dan Keuntungan
  • Bagi Dinas Pendidikan dan Sekolah
    • Memberikan akses yang luas kepada masyarakat
    • Singergitas data antara Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah dalam penyelenggaran penerimaan siswa baru
    • Tersedianya sebuah basis data terintegrasi bagi Pihak Dinas Pendidikan maupun Pihak Sekolah
    • Efisiensi pembiayaan
    • Meningkatkan reputasi sekolah
    • Mengurangi resiko terjadinya KKN.
    • Meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam penguasaan Teknologi Informasi.
  • Bagi Siswa dan Orang Tua Siswa
    • Mempermudah untuk mengikuti pendafaran siswa baru
    • Mempermudah akses informasi penerimaan siswa baru
    • Mendapat fasilitas dan pelayanan memuaskan dari pihak sekolah dan dinas pendidikan.
    • Meningkatkan ketertiban kemudahan dalam proses penerimaan siswa baru.

0 komentar:

Posting Komentar